PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KETERLIBATAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BULUKUMBA
DOI:
https://doi.org/10.30605/27458326-54Keywords:
Efikasi Diri, Keterlibatan Belajar, Hasil Belajar MatematikaAbstract
Prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian nasional tahun 2019 rerata nilai mata pelajaran matematika sebesar 39,08 dan terendah diantara mata pelajaran lain yang diujiankan. Rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan oleh faktor eksternal dan internal dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap keterlibatan belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba, (2) Seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba, (3) Seberapa besar pengaruh keterlibatan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba, (4) Seberapa besar pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika melalui keterlibatan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba dengan jumlah sampel 144 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa skala efikasi diri, skala keterlibatan belajar dan hasil ulangan semester gajil tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik inferensial dengan menggunakan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan belajar matematika dengan besarnya pengaruh 1,130 atau 113 %; (2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematikan dengan besarnya pengaruh 0,523 atau 52,3 %; (3) keterlibatan belajar matematika tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (4) tidak ada pengaruh positif dan signifikan efikasi diri melalui keterlibatan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika
Downloads
References
Alam, Syamsu. “Apa Itu Mathematics Self-Efficacy ?” Prosiding Seminar NasionaL 04 (2018): 269–77. https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/1260.
Fung, F. “Student Engagement and Mathematics Achievement: Unraveling Main and Interactive Effects.” Psychology in the Schools 55, no. 7 (2018): 815–31. https://doi.org/10.1002/pits.22139.
Güzin Mazman Akar, Sacize, Osman Birgin, Büşra Göksu, Kübra Uzun, Büşra Gümüş, and Elif Seval Yıldırım. “Matematik Dersine Bağlılık Ölçeği’nin Türkçeye Uyarlama Çalışması.” Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT) 8, no. 1 (2017): 28–28. https://doi.org/10.16949/turkbilmat.286926.
Jie, Zhang Li, Zhou Ying, and Mo Zong Zhao. “THE RELATIONSHIP BETWEEN MATHEMATICS ATTITUDE , LEARNING ENGAGEMENT AND ACADEMIC” 3, no. 1 (2020): 24–36.
Kong, Qi Ping, Ngai Ying Wong, and Chi Chung Lam. “Student Engagement in Mathematics: Development of Instrument and Validation of Construct.” Mathematics Education Research Journal 15, no. 1 (2003): 4–21. https://doi.org/10.1007/BF03217366.
Lei, Hao, Yunhuo Cui, and Wenye Zhou. “RELATIONSHIPS BETWEEN STUDENT ENGAGEMENT AND ACADEMIC ACHIEVEMENT : A META-ANALYSIS” 46, no. 3 (2018): 517–28.
Ozkal, Nese, Faculty Education, and Alanya Alaaddin. “Cypriot Journal of Educational” 14, no. 2 (2019): 190–200.
Pengelola Web Kemendikbud. “Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas,” 2019. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas#:~:text=Hasil studi PISA 2018 yang,rata skor OECD yakni 487.&text=Antusiasme para guru Indonesia termasuk,Albani%2C Kosovo%2C dan Korea.
Pusat Penilaian Pendidikan. “Laporan Hasil Ujian Nasional.” Kemendikbud, 2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&N&1&!1!&.
Sökmen, Yavuz. “The Role of Self-Efficacy in the Relationship between the Learning Environment and Student Engagement.” Educational Studies 47, no. 1 (2021): 19–37. https://doi.org/10.1080/03055698.2019.1665986.
Sukoco, Heru, Arief Wismono, and Rusmilah. “Skala Mathematics Self-Efficacy Untuk Jenjang SMA (Mathematics Self-Efficacy For Senior High School/MSESc).” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 2018, 752–60.
Suryanti, S., Y. Arifani, I. Zawawi, and N. Fauziyah. “Student’s Engagement Behaviour and Their Success in Abstract Algebra: Structural Equation Modelling Approach.” Journal of Physics: Conference Series 1188, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012105.
Usher, Ellen L, and Frank Pajares. “Sources of Self-Efficacy in Mathematics : A Validation Study.” Contemporary Educational Psychology 34, no. 1 (2009): 89–101. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2008.09.002.
Yurt, Eyüp. “The Predictive Power of Self-Efficacy Sources for Mathematics Achievement.” Egitim ve Bilim 39, no. 176 (2014): 159–69. https://doi.org/10.15390/EB.2014.3443.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.