PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KETERLIBATAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BULUKUMBA

Authors

  • Muhammad Awal Nur STMIK BINA ADINATA

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-54

Keywords:

Efikasi Diri, Keterlibatan Belajar, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Prestasi belajar matematika siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil ujian nasional tahun 2019 rerata nilai mata pelajaran matematika sebesar 39,08 dan terendah diantara mata pelajaran lain yang diujiankan. Rendahnya prestasi belajar matematika disebabkan oleh faktor eksternal dan internal dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap keterlibatan belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri  2 Bulukumba, (2) Seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri  2 Bulukumba, (3) Seberapa besar pengaruh keterlibatan belajar matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri  2 Bulukumba, (4) Seberapa besar pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika melalui keterlibatan belajar siswa kelas XI SMA Negeri  2 Bulukumba. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Bulukumba dengan jumlah sampel 144 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yang berupa skala efikasi diri, skala keterlibatan belajar dan hasil ulangan semester gajil tahun ajaran 2020/2021 mata pelajaran matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu statistik inferensial dengan menggunakan analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan belajar matematika dengan besarnya pengaruh 1,130 atau 113 %; (2) efikasi diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematikan dengan besarnya pengaruh 0,523 atau 52,3 %; (3) keterlibatan belajar matematika tidak berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (4) tidak ada pengaruh positif dan signifikan efikasi diri melalui keterlibatan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Syamsu. “Apa Itu Mathematics Self-Efficacy ?” Prosiding Seminar NasionaL 04 (2018): 269–77. https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/1260.

Fung, F. “Student Engagement and Mathematics Achievement: Unraveling Main and Interactive Effects.” Psychology in the Schools 55, no. 7 (2018): 815–31. https://doi.org/10.1002/pits.22139.

Güzin Mazman Akar, Sacize, Osman Birgin, Büşra Göksu, Kübra Uzun, Büşra Gümüş, and Elif Seval Yıldırım. “Matematik Dersine Bağlılık Ölçeği’nin Türkçeye Uyarlama Çalışması.” Turkish Journal of Computer and Mathematics Education (TURCOMAT) 8, no. 1 (2017): 28–28. https://doi.org/10.16949/turkbilmat.286926.

Jie, Zhang Li, Zhou Ying, and Mo Zong Zhao. “THE RELATIONSHIP BETWEEN MATHEMATICS ATTITUDE , LEARNING ENGAGEMENT AND ACADEMIC” 3, no. 1 (2020): 24–36.

Kong, Qi Ping, Ngai Ying Wong, and Chi Chung Lam. “Student Engagement in Mathematics: Development of Instrument and Validation of Construct.” Mathematics Education Research Journal 15, no. 1 (2003): 4–21. https://doi.org/10.1007/BF03217366.

Lei, Hao, Yunhuo Cui, and Wenye Zhou. “RELATIONSHIPS BETWEEN STUDENT ENGAGEMENT AND ACADEMIC ACHIEVEMENT : A META-ANALYSIS” 46, no. 3 (2018): 517–28.

Ozkal, Nese, Faculty Education, and Alanya Alaaddin. “Cypriot Journal of Educational” 14, no. 2 (2019): 190–200.

Pengelola Web Kemendikbud. “Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas,” 2019. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makin-meluas-saatnya-tingkatkan-kualitas#:~:text=Hasil studi PISA 2018 yang,rata skor OECD yakni 487.&text=Antusiasme para guru Indonesia termasuk,Albani%2C Kosovo%2C dan Korea.

Pusat Penilaian Pendidikan. “Laporan Hasil Ujian Nasional.” Kemendikbud, 2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!capaian_nasional!99&99&999!T&T&T&N&1&!1!&.

Sökmen, Yavuz. “The Role of Self-Efficacy in the Relationship between the Learning Environment and Student Engagement.” Educational Studies 47, no. 1 (2021): 19–37. https://doi.org/10.1080/03055698.2019.1665986.

Sukoco, Heru, Arief Wismono, and Rusmilah. “Skala Mathematics Self-Efficacy Untuk Jenjang SMA (Mathematics Self-Efficacy For Senior High School/MSESc).” Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 2018, 752–60.

Suryanti, S., Y. Arifani, I. Zawawi, and N. Fauziyah. “Student’s Engagement Behaviour and Their Success in Abstract Algebra: Structural Equation Modelling Approach.” Journal of Physics: Conference Series 1188, no. 1 (2019). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012105.

Usher, Ellen L, and Frank Pajares. “Sources of Self-Efficacy in Mathematics : A Validation Study.” Contemporary Educational Psychology 34, no. 1 (2009): 89–101. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2008.09.002.

Yurt, Eyüp. “The Predictive Power of Self-Efficacy Sources for Mathematics Achievement.” Egitim ve Bilim 39, no. 176 (2014): 159–69. https://doi.org/10.15390/EB.2014.3443.

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

[1]
M. A. Nur, “PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI KETERLIBATAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 BULUKUMBA”, IJMA, vol. 2, no. 1, pp. 1–10, Aug. 2021.