PENGARUH POTENSI AKADEMIK, EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.30605/27458326-63Keywords:
Potency akademik, Efikasi Diri, Kemandirian belajar, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : 1) pengaruh potensi akademik terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks , 2) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks , 3) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks, 4) pengaruh potensi akademik, efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 yang berjumlah 65 siswa yang diperoleh menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analalisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Secara parsial variabel potensi akademik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sebesar 17,6%. (2) Secara parsial variabel efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sebesar 43,4%. (3) Secara parsial variabel kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sebesar 78,8%. (4) Secara simultan variabel potensi akademik, efikasi diri dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar dengan koefisien determinasi R2 = 0,817 yang berarti potensi akademik, efikasi diri dan kemandirian belajar memberi pengaruh sebesar 81,7% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar dan sisanya sebesar 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Downloads
References
Arifiin, S. W., & Rahman, A. (2015). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dan efikasi diri pada siswa kelas VIII unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis Matematika. Vol. 3, No. 1, Hal 20. http://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/1313/pdf_2. di akses tanggal 14 juni 2019
Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN1 Cihampelas. Jurnal On Education. Vol. 1, No. 2, Hal 382. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78/65. di akses tanggal 14 juni 2019
Hadaning, G. B. (2013). Hubungan Efikasi Diri dslam Persfektif Gender dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Al-Azhar Mengati Gresik.
Nurul, A. B. (2016). Pengaruh Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Siregar , N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika . Unisula Semarang .
Sunardi. (2015). Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Bealajar Matematika . Universitas Negeri Makassar.
Susilo, G., & Nur'aini, T., A. (2018). Pengaruh Potensi Akademik Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, Hal 27. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2975/2287. di akses tanggal 19 November 2019
Widganinggar, A. A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri (lokus of control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 4, No. 2. Hal 89. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/143. di akses tanggal 14 juni 2019
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.