PENGARUH POTENSI AKADEMIK, EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Ima Arina Arif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rukli Rukli Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Nursakiah Nursakiah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-63

Keywords:

Potency akademik, Efikasi Diri, Kemandirian belajar, Hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu  untuk mengetahui : 1) pengaruh potensi akademik terhadap hasil belajar siswa  pada materi matriks , 2) pengaruh efikasi diri terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks , 3) pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks, 4)  pengaruh potensi akademik, efikasi diri dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa pada materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu XI TKJ 1 dan XI TKJ 2 yang berjumlah 65 siswa yang diperoleh menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik analalisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa (1) Secara parsial variabel potensi akademik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sebesar 17,6%. (2) Secara parsial variabel efikasi diri berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sebesar 43,4%. (3) Secara parsial variabel kemandirian belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar sebesar 78,8%. (4) Secara simultan variabel potensi akademik, efikasi diri dan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar dengan koefisien determinasi R2 = 0,817 yang berarti potensi akademik, efikasi diri dan kemandirian belajar memberi pengaruh sebesar 81,7% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Negeri 2 Makassar dan sisanya sebesar 18,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifiin, S. W., & Rahman, A. (2015). Profil pemecahan masalah matematika siswa ditinjau dari gaya kognitif dan efikasi diri pada siswa kelas VIII unggulan SMPN 1 Watampone. Jurnal Daya Matematis Matematika. Vol. 3, No. 1, Hal 20. http://ojs.unm.ac.id/JDM/article/view/1313/pdf_2. di akses tanggal 14 juni 2019

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika di SMKN1 Cihampelas. Jurnal On Education. Vol. 1, No. 2, Hal 382. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/78/65. di akses tanggal 14 juni 2019

Hadaning, G. B. (2013). Hubungan Efikasi Diri dslam Persfektif Gender dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Al-Azhar Mengati Gresik.

Nurul, A. B. (2016). Pengaruh Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen, dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Siregar , N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika . Unisula Semarang .

Sunardi. (2015). Pengaruh Potensi Akademik, Efikasi Diri dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Bealajar Matematika . Universitas Negeri Makassar.

Susilo, G., & Nur'aini, T., A. (2018). Pengaruh Potensi Akademik Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, Hal 27. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2975/2287. di akses tanggal 19 November 2019

Widganinggar, A. A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri (lokus of control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. Vol. 4, No. 2. Hal 89. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/143. di akses tanggal 14 juni 2019

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

[1]
I. A. Arif, R. Rukli, and N. Nursakiah, “PENGARUH POTENSI AKADEMIK, EFIKASI DIRI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA ”, IJMA, vol. 2, no. 1, pp. 93–104, Aug. 2021.