EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Authors

  • Baharullah Baharullah Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-87

Keywords:

Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol, dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salaka tahun ajaran 208/2019 sebanyak 25 orang. Penelitian ini mengacu pada tiga dari empat aspek kriteria keefktifan pembelajaran, yaitu; hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif jika tiga dari aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek hasil belajar yaitu ketuntasan belajar diambil dari perbedaan atara hasil belajar sebelum dan setelah perlakuan. Penelitian dilaksanakan slama 5 kali pertemuan. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah 82,44 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 94,037 dimana skor tertinggi 98,00 an skor tersendah 64,00 ari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh 21 siswa atau 90% mencapai ketuntasan individu, 4 siswa atau 10% tidak mencapai ketuntasan individu dan itu berarti ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 75,8 dari indikator kriteria aktivitas siswa sudah mencapai kriteria aktif. (3) angket respon siswa menujukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilihat dari hasil rata-rata siswa menjawab “Ya” sebesar 93,5. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salaka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afgani, J. 2010. Analisis Kurikulum Matematika). Skripsi tidak diterbitkan.

Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2001. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Pres

Bungkaes. 2013. Pengertian Efektivitas.

Dharma, Aninandra. 2012. Konsep efektifitas dalam pembelajaran.

FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press.

Permanasarai, Hastin. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) dengan Permainan Destiny Board pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Palu pada Mteri Perkalian Faktor Bentuk Aljabar.

Praseyaningrum, D. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Berbantuan Kartu Soal dan Roda Impian Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.

Soliha, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Bina Taqwa Depok.

Slavin. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Tiro, M. Arif & Ahmar, Ansari Saleh. 2014. Penelitian Eksperimen. Makassar: Andira Publisher

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

[1]
B. Baharullah, “EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)”, IJMA, vol. 2, no. 2, pp. 14–22, Jan. 2022.