EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
DOI:
https://doi.org/10.30605/27458326-87Keywords:
Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar SiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol, dan desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salaka tahun ajaran 208/2019 sebanyak 25 orang. Penelitian ini mengacu pada tiga dari empat aspek kriteria keefktifan pembelajaran, yaitu; hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Suatu pembelajaran dapat dikatakan efektif jika tiga dari aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek hasil belajar yaitu ketuntasan belajar diambil dari perbedaan atara hasil belajar sebelum dan setelah perlakuan. Penelitian dilaksanakan slama 5 kali pertemuan. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah 82,44 dan berada pada kategori tinggi dengan standar deviasi 94,037 dimana skor tertinggi 98,00 an skor tersendah 64,00 ari skor ideal 100. Dari hasil tersebut diperoleh 21 siswa atau 90% mencapai ketuntasan individu, 4 siswa atau 10% tidak mencapai ketuntasan individu dan itu berarti ketuntasan secara klasikal tercapai. (2) rata-rata persentase frekuensi aktivitas siswa yaitu 75,8 dari indikator kriteria aktivitas siswa sudah mencapai kriteria aktif. (3) angket respon siswa menujukkan bahwa respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dilihat dari hasil rata-rata siswa menjawab “Ya” sebesar 93,5. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Salaka.
Downloads
References
Afgani, J. 2010. Analisis Kurikulum Matematika). Skripsi tidak diterbitkan.
Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Asmani, Jamal Ma’mur. 2001. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta: Diva Pres
Bungkaes. 2013. Pengertian Efektivitas.
Dharma, Aninandra. 2012. Konsep efektifitas dalam pembelajaran.
FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press.
Permanasarai, Hastin. 2015. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) dengan Permainan Destiny Board pada Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 14 Palu pada Mteri Perkalian Faktor Bentuk Aljabar.
Praseyaningrum, D. 2013. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) Berbantuan Kartu Soal dan Roda Impian Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013.
Soliha, Ai. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Bina Taqwa Depok.
Slavin. 2009. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Tiro, M. Arif & Ahmar, Ansari Saleh. 2014. Penelitian Eksperimen. Makassar: Andira Publisher
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.