ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.30605/27458326-88Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Bangun DatarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Likuboddong pada tahun ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Data yang dianalisis adalah data kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes essay dan wawancara. Soal yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang berjumlah 3 soal adalah soal yang memuat indicator dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Soal-soal ini dikerjakan oleh 15 orang siswa dalam 35 menit dan wawancara bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berfikir kritis matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII.B Mts. Muhammadiyah Likuboddong memenuhi indikator dari berpikir kritis matematis.
Downloads
References
Baron, J. B. dan Sternberg, R.J. (Editor), (1987) Teaching Thinking Skill. New York: W.H. Freeman and Company
Burger & Shaughnessy, 1993:140 Characterizing The Van Hiele Levels of. Development in Geometry. Journal for Research in Mathematics. Education,
Glazer ,E (2000). Technology Enhanced Learning Environtments that are Conducive to Critical Thinking in Mathematics: Implications for Research about Critical Thinking on the World Wide Web. [On Line]. Tersedia:http://www.lonestar. texas.net/ ~mseifert/ crit2. html. [24 April 2006].
Gokhale, A. A. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7, 22-30.
Hassoubah,I.J.(2004). Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa
Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. EndeFlores: Nusa Indah.
Khadijah, Nyanyu. 2009. Psikologi Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.
Moenir, 2008 : 117 Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara
NCTM, (1999). Developing Mathematical Reasoning in Grade K-12. Reston: VA
Rasiman. (2011). Digitalisasi local content: Perluasan pemanfaatan dan akses layanan perpustakaan. Medan: USU Press
Sanjaya. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta :Prenada Media
Stephen P. Robbins (2006 : 46), Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Shovia Ulvah dan Ekasatya Aldila Afriansyah. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan. Vol 2(2): 142-153.
Sutan, firmanawaty. 2003. Mahir Matematika melalui Permainan. Jakarta: Puspa Swara.
Suwarna.2009.http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=7242. MALANG: Pustaka Pelajar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.