ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR

Authors

  • Sitti Rahmah Tahir Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar
  • St.Nur Humairah Halim Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • M. Zhaahir Nurjam Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-88

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Bangun Datar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Likuboddong pada tahun ajaran 2020/2021 dalam menyelesaikan soal bangun datar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis siswa dalam menyelesaikan soal bangun datar. Data yang dianalisis adalah data kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes essay dan wawancara. Soal yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang berjumlah 3 soal adalah soal yang memuat indicator dari kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Soal-soal ini dikerjakan oleh 15 orang siswa dalam 35 menit dan wawancara bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berfikir kritis matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas VIII.B Mts. Muhammadiyah Likuboddong memenuhi indikator dari berpikir kritis matematis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baron, J. B. dan Sternberg, R.J. (Editor), (1987) Teaching Thinking Skill. New York: W.H. Freeman and Company

Burger & Shaughnessy, 1993:140 Characterizing The Van Hiele Levels of. Development in Geometry. Journal for Research in Mathematics. Education,

Glazer ,E (2000). Technology Enhanced Learning Environtments that are Conducive to Critical Thinking in Mathematics: Implications for Research about Critical Thinking on the World Wide Web. [On Line]. Tersedia:http://www.lonestar. texas.net/ ~mseifert/ crit2. html. [24 April 2006].

Gokhale, A. A. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal of Technology Education, 7, 22-30.

Hassoubah,I.J.(2004). Cara Berpikir Kreatif dan Kritis. Bandung: Nuansa

Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. EndeFlores: Nusa Indah.

Khadijah, Nyanyu. 2009. Psikologi Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Moenir, 2008 : 117 Manajemen pelayanan umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara

NCTM, (1999). Developing Mathematical Reasoning in Grade K-12. Reston: VA

Rasiman. (2011). Digitalisasi local content: Perluasan pemanfaatan dan akses layanan perpustakaan. Medan: USU Press

Sanjaya. 2008. Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta :Prenada Media

Stephen P. Robbins (2006 : 46), Perilaku Organisasi. Edisi kesepuluh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Shovia Ulvah dan Ekasatya Aldila Afriansyah. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan. Vol 2(2): 142-153.

Sutan, firmanawaty. 2003. Mahir Matematika melalui Permainan. Jakarta: Puspa Swara.

Suwarna.2009.http://library.unisma.ac.id/slims_unisma/index.php?p=show_detail&id=7242. MALANG: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

[1]
S. R. Tahir, S. H. Halim, and M. Z. Nurjam, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN DATAR ”, IJMA, vol. 2, no. 2, pp. 23–35, Jan. 2022.