ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MAHASISWA TEKNIK SIPIL DI INDONESIA MENGHADAPI SOCIETY 5.0: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Authors

  • Desak Made Ristia Kartika Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Balikpapan
  • Sunarno Sunarno Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Balikpapan
  • Fatmawati Fatmawati Jurusan Teknik Sipil, Politeknik Negeri Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-92

Keywords:

pembelajaran matematika, teknik sipil, society 5.0

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alternatif pembelajaran matematika untuk mahasiswa teknik sipil di Indonesia dalam menghadapi society 5.0. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau rujukan dalam penelitian selanjutnya sekaligus dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah systematic literature review. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan mereviu artikel yang berhubungan dengan pembelajaran matematika di teknik sipil dalam menghadapi society 5.0 yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2021 pada jurnal nasional. Teknik analisis data yang dilakukan mengacu pada model interaktif oleh Miles & Huberman yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa alternatif pembelajaran matematika di teknik sipil dapat diintegrasikan melalui STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) dan keterampilan abad 21 yang diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong society 5.0. Pada pembelajaran matematika dapat dikembangkan karakter pembelajaran abad 21 yang meliputi komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, daya cipta, dan inovasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aida, N. (2020). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistik Berbasis It Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education Untuk Mahasiswa Teknik Sipil. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.26737/jpmi.v5i1.1703

Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education, 06(04), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045

Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62

Al Faruqi, U. (2019). Survey Paper : Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 02(01), 67–79.

Aminullah, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Sistem Daring. Ganec Swara, 15(1), 999. https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.203

Arifendi, R. F., & Setiawan, R. (2019). Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i2.435

Damayanti, J., & Kuswanda, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Teknik Sipil Terhadap Proses Belajar Mengajar Secara Online Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Construction Engineering and Sustainable Development (Cesd), 3(2), 64. https://doi.org/10.25105/cesd.v3i2.8324

Dewi, M. L., Sakti, R. J. N., & Zulfikar, A. R. (2020). Inkubasi Matematika Mengatasi Kesiapan Mahasiswa Belajar Matematika di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang. … Matematika Dan …, 3(1), 169–175. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/929

Ferreira, C. M., & Serpa, S. (2018). Society 5.0 and Social Development: Contributions to a Discussion. Management and Organizational Studies, 5(4), 26. https://doi.org/10.5430/mos.v5n4p26

Hr, B. M. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Pada Mata Kuliah Kalkulus 3 Program Studi Teknik Sipil. Jurnal Sangkareang Mataram, 5(4), 36–39.

Hr, B. M., Putu, N., & Lismaya, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Teknik Sipil. 9(2), 84–94.

Maharani, A. (2020). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 86. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3364

McGinn, N. F. (1998). Learning: The Treasure within: Report to Unesco of the International Commission on Education for the Twenty-First Century . Jacques Delors . Comparative Education Review, 42(2), 230–233. https://doi.org/10.1086/447500

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Rineka Cipta.

Norhidayah, S., Studi, P., Matematika, P., Studi, P., & Matematika, P. (2020). MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI. 20(1), 27–32.

Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Handrianto, C., & Wardana, M. R. (2021). Mapping Higher Order Thinking Skills of Prospective Primary School Teachers in Facing Society 5.0. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 8(2), 178. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v8i2.8794

Ramadhani, R., Pd, M., & Amudi, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Teknik Mengacu KKNI Untuk Teknik Sipil. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami) Berikut, 3(1), 222–229.

Runisah. (2021). Pembelajaran matematika untuk menghadapi era Society 5.0. Euclid, 8(2), 159–173.

Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). 21.Century Skills. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf

Saputra, E., & Fahrizal, E. (2019). The Development of Mathematics Teaching Materials through Geogebra Software to Improve Learning Independence. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(2), 39–44. https://doi.org/10.29103/mjml.v2i2.1860

Sari, F. A. (2019). Geometri Pada Mata Kuliah Matematika Terapan. 01(02), 15–22.

Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: a Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 886. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833

Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78

Sutiarso, S. (2019). MENGEMBANGKAN POLA BERPIKIR MATEMATIS SISWA DI ERA SOCIETY 5.0. TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 MENUJU SOCIETY 5.0, 654–659.

Suyitno, H. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika bagi Masyarakat Indonesia Kontemporer. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 8–19. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45179

Tandiseru, S. R. (2015). The effectiveness of local culture-based mathematical heuristic-KR learning towards enhancing student ’ s creative thinking skill. Journal of Education and Practice, 6(12), 74–82.

Tanjung, Y. T. (2019). Lembar Kerja Mahasiswa Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Statistik Dan Probabilitas Mahasiswa Teknik Sipil Upmi. 190–192.

Taufik, M., & Nuraini, E. (2018). Kuliah Matematika Teknik I Program Studi.

Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Wahyuni, E. S., Rahmayanti, H., & Ichsan, I. Z. (2021). Hubungan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal PenSil, 10(3), 120–129. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.19275

Wakit, A., & Hidayati, N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Teknik Sipil Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 101–109. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21047

Waris, M., & Muh.Tamrin. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Rekayasa Berbasis Pendidikan Islam. Saintifik, 5(2), 140–144. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.234

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

[1]
D. M. R. Kartika, S. Sunarno, and F. Fatmawati, “ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MAHASISWA TEKNIK SIPIL DI INDONESIA MENGHADAPI SOCIETY 5.0: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW”, IJMA, vol. 2, no. 2, pp. 51–65, Jan. 2022.