ALTERNATIF PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MAHASISWA TEKNIK SIPIL DI INDONESIA MENGHADAPI SOCIETY 5.0: A SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW
DOI:
https://doi.org/10.30605/27458326-92Keywords:
pembelajaran matematika, teknik sipil, society 5.0Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis alternatif pembelajaran matematika untuk mahasiswa teknik sipil di Indonesia dalam menghadapi society 5.0. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau rujukan dalam penelitian selanjutnya sekaligus dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah systematic literature review. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mendokumentasikan dan mereviu artikel yang berhubungan dengan pembelajaran matematika di teknik sipil dalam menghadapi society 5.0 yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2021 pada jurnal nasional. Teknik analisis data yang dilakukan mengacu pada model interaktif oleh Miles & Huberman yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa alternatif pembelajaran matematika di teknik sipil dapat diintegrasikan melalui STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) dan keterampilan abad 21 yang diterapkan dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong society 5.0. Pada pembelajaran matematika dapat dikembangkan karakter pembelajaran abad 21 yang meliputi komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, pemecahan masalah, daya cipta, dan inovasi.
Downloads
References
Aizikovitsh-Udi, E., & Cheng, D. (2015). Developing Critical Thinking Skills from Dispositions to Abilities: Mathematics Education from Early Childhood to High School. Creative Education, 06(04), 455–462. https://doi.org/10.4236/ce.2015.64045
Akhmadan, W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Garis dan Sudut Menggunakan Macromedia Flash dan Moodle Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang, 2(1), 27–40. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.62
Al Faruqi, U. (2019). Survey Paper : Future Service in Industry 5.0. Jurnal Sistem Cerdas, 02(01), 67–79.
Aminullah, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Sistem Daring. Ganec Swara, 15(1), 999. https://doi.org/10.35327/gara.v15i1.203
Arifendi, R. F., & Setiawan, R. (2019). Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl). PRISMATIKA: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 1(2), 55–59. https://doi.org/10.33503/prismatika.v1i2.435
Damayanti, J., & Kuswanda, G. (2020). Persepsi Mahasiswa Teknik Sipil Terhadap Proses Belajar Mengajar Secara Online Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Construction Engineering and Sustainable Development (Cesd), 3(2), 64. https://doi.org/10.25105/cesd.v3i2.8324
Dewi, M. L., Sakti, R. J. N., & Zulfikar, A. R. (2020). Inkubasi Matematika Mengatasi Kesiapan Mahasiswa Belajar Matematika di Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang. … Matematika Dan …, 3(1), 169–175. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS/article/view/929
Ferreira, C. M., & Serpa, S. (2018). Society 5.0 and Social Development: Contributions to a Discussion. Management and Organizational Studies, 5(4), 26. https://doi.org/10.5430/mos.v5n4p26
Hr, B. M. (2019). Penerapan Strategi Probing Prompting Pada Mata Kuliah Kalkulus 3 Program Studi Teknik Sipil. Jurnal Sangkareang Mataram, 5(4), 36–39.
Hr, B. M., Putu, N., & Lismaya, E. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Teknik Sipil. 9(2), 84–94.
Maharani, A. (2020). Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika Menghadapi Era Society 5.0. Euclid, 7(2), 86. https://doi.org/10.33603/e.v7i2.3364
McGinn, N. F. (1998). Learning: The Treasure within: Report to Unesco of the International Commission on Education for the Twenty-First Century . Jacques Delors . Comparative Education Review, 42(2), 230–233. https://doi.org/10.1086/447500
Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.
Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Rineka Cipta.
Norhidayah, S., Studi, P., Matematika, P., Studi, P., & Matematika, P. (2020). MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI. 20(1), 27–32.
Ramadhani, D., Kenedi, A. K., Helsa, Y., Handrianto, C., & Wardana, M. R. (2021). Mapping Higher Order Thinking Skills of Prospective Primary School Teachers in Facing Society 5.0. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 8(2), 178. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v8i2.8794
Ramadhani, R., Pd, M., & Amudi, A. (2020). Pengembangan Modul Matematika Teknik Mengacu KKNI Untuk Teknik Sipil. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami) Berikut, 3(1), 222–229.
Runisah. (2021). Pembelajaran matematika untuk menghadapi era Society 5.0. Euclid, 8(2), 159–173.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). 21.Century Skills. APERA Conference, April, 1–35. https://www.aare.edu.au/data/publications/2012/Saavedra12.pdf
Saputra, E., & Fahrizal, E. (2019). The Development of Mathematics Teaching Materials through Geogebra Software to Improve Learning Independence. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 2(2), 39–44. https://doi.org/10.29103/mjml.v2i2.1860
Sari, F. A. (2019). Geometri Pada Mata Kuliah Matematika Terapan. 01(02), 15–22.
Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: a Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 886. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833
Susilowati, R. D., Sutama, S., & Faiziyah, N. (2020). Penerapan Podcast pada Aplikasi Spotify Sebagai Media Pembelajaran Matematika di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 68. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p68-78
Sutiarso, S. (2019). MENGEMBANGKAN POLA BERPIKIR MATEMATIS SISWA DI ERA SOCIETY 5.0. TRANSFORMASI PENDIDIKAN ABAD 21 MENUJU SOCIETY 5.0, 654–659.
Suyitno, H. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika bagi Masyarakat Indonesia Kontemporer. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 8–19. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/45179
Tandiseru, S. R. (2015). The effectiveness of local culture-based mathematical heuristic-KR learning towards enhancing student ’ s creative thinking skill. Journal of Education and Practice, 6(12), 74–82.
Tanjung, Y. T. (2019). Lembar Kerja Mahasiswa Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Statistik Dan Probabilitas Mahasiswa Teknik Sipil Upmi. 190–192.
Taufik, M., & Nuraini, E. (2018). Kuliah Matematika Teknik I Program Studi.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wahyuni, E. S., Rahmayanti, H., & Ichsan, I. Z. (2021). Hubungan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal PenSil, 10(3), 120–129. https://doi.org/10.21009/jpensil.v10i3.19275
Wakit, A., & Hidayati, N. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Teknik Sipil Ditinjau dari Gaya Kognitif. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 101–109. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.21047
Waris, M., & Muh.Tamrin. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Rekayasa Berbasis Pendidikan Islam. Saintifik, 5(2), 140–144. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i2.234
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, September, 1–18.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.