ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI TINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF
Keywords:
Kemampuan Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Field-Indpendent, Field-dependentAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) Kelas VIII SMPN 48 Makassar yang di tinjau dari gaya kognitif Field-Indpendent (FI) dan Field-Dependent (FD). jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes Group Embedded Figures Test (GEFT) Untuk mengukur gaya kognitif siswa dan tes kemampuan berpikir kritis serta teknik non tes berupa wawancara. Hasil tes dan wawancara di analisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 17 siswa yang mengikuti tes GEFT, sebanyak 9 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan 8 siswa yang bergaya kognitif FD. (2) siswa bergaya kognitif FI pada soal nomor satu dan soal nomor dua menguasai ke empat indikator berpikir kritis (interpretasi, analisisis, evaluasi dan inferensi); (3) Siswa FD pada soal nomor satu mampu menguasai 3 indikator berpikir kritis (interpretasi, analisisis dan evaluasi) adapun pada soal nomor dua hanya mampu menguasai satu indikator berpikir kritis (interpretasi).
Downloads
References
Netriwati, 2016. Analisis Kemampuan Mahapeserta didik Dalam Pemecahkan Masalah Matematis Menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 181–90.
Sulianto, J. 2008. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Phytagoras, 4(2): 14-25.
Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2008. Jakarta: PT Sinar Grafika.
Uno, H. B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. New Orirntation In Learning Psychology. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.