ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI TINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF

Authors

  • Edianto Edianto Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Muhammad Darwis Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Ilhamuddin Ilhamuddin Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis, Gaya Kognitif, Field-Indpendent, Field-dependent

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variable (SPLDV) Kelas VIII SMPN 48 Makassar yang di tinjau dari gaya kognitif Field-Indpendent (FI) dan Field-Dependent (FD). jenis penelitian ini adalah penelitian deskriktif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik tes Group Embedded Figures Test (GEFT) Untuk mengukur gaya kognitif siswa dan tes kemampuan berpikir kritis serta teknik non tes berupa wawancara. Hasil tes dan wawancara di analisis berdasarkan indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: interpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 17 siswa yang mengikuti tes GEFT, sebanyak 9 siswa yang memiliki gaya kognitif FI dan 8 siswa yang bergaya kognitif FD. (2) siswa bergaya kognitif FI pada soal nomor satu dan soal nomor dua menguasai ke empat indikator berpikir kritis (interpretasi, analisisis, evaluasi dan inferensi); (3) Siswa FD  pada soal nomor satu mampu menguasai 3 indikator berpikir kritis (interpretasi, analisisis dan evaluasi) adapun pada soal nomor dua hanya mampu menguasai satu indikator berpikir kritis (interpretasi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gazali, R. Y. 2016. Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3): 181-190.

Netriwati, 2016. Analisis Kemampuan Mahapeserta didik Dalam Pemecahkan Masalah Matematis Menurut Teori Polya. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2): 181–90.

Sulianto, J. 2008. Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Phytagoras, 4(2): 14-25.

Undang-Undang Repoblik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.2008. Jakarta: PT Sinar Grafika.

Uno, H. B. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. New Orirntation In Learning Psychology. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

[1]
E. Edianto, M. Darwis, and I. Ilhamuddin, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DI TINJAU DARI PERBEDAAN GAYA KOGNITIF”, IJMA, vol. 3, no. 1, pp. 12–18, Jul. 2022.