PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MATERI STATISTIKA DI KELAS IX SMP
Keywords:
Penelitian Pengembangan, Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS)Abstract
Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan formatife research tessmer. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah instrumen tes yang terdiri dari kisi-kisi, soal tes HOTS, lembar kerja, kriteria jawaban, dan pedoman penskoran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Enrekang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi. Lembar validasi ini bertujuan untuk menilai instrumen tes yang dikembangkan yang dilakukan oleh tiga validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes yang dikembangkan diantaranya (a) validitas 4,08 (tinggi); (b) reliabilitas 0,83 (sangat baik); (c) tingkat kesukaran pada soal nomor 2 yaitu 0,79 (mudah), soal nomor 1, 5, dan 6 yaitu 0,67; 0,65; 0,44 (sedang), soal nomor 3 dan 4 yaitu 0,27 dan 0,25 (sukar); sedangkan (d) daya pembeda pada soal nomor 3 dan 4 adalah 2,5 (cukup), soal nomor 1, 2, 6 yaitu 0,41; 0,33; dan 0,33 (baik), soal nomor 5 yaitu 0,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan instrumen tes HOTS pada materi statistika yang dikembangkan bagi siswa kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang sudah layak untuk digunakan.
Downloads
References
Afkar, F.I. dan Rudi Hartono. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dengan Model Pengembangan 4-D Pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA.jurnal Pendidikan Geografi. (Online), Vol.22 (2). (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/ diakses pada tanggal 21 November 2019 pukul 23:08 WITA)
Arifin, Z.2013.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, S.2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikian.Jakarta:Bumi Aksara.
Dinni, H. N.2018.HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.Prosiding seminar Nasional Matematika (Online). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ diakses pada tanggal 21 November 2019 pukul 22:17 WITA)
Emzir. 2017.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers
Faisal, R.2015.Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Materi Matematika Kelas VII SMP. Skripsi,(Online), Jember:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jember. (https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66831 diakses tanggal 7 Desember 2019 pukul 20:36 WITA)
Firmansyah, M. A.2017.Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, (Online), Vol.10(2). (untirta.ac.id diakses pada tanggal 11 Desember 2019 pukul 20:18 WITA)
Gunawan. 2013.Pengertian HOTS (Higher Order Thinking Skill) Menurut Para Ahli, (Online).(http://www.unliroom.com/2019/08/hots.adalah.html?m=1 diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 21:20 WITA)
Hamdani, H.2013.Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung:Pustaka Setia.
Hermawan, I.2019.Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method.Kuningan:Hidayatul Quran Kuningan.
Helmawati. 2019.Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS.Bandung:PT Remaja Rosdakarya
Kartikasari, A. dan Widjajanti, D. B.2015.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IX SMP. Jurnal (Online). (seminar.uny.ac.id diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 21:03 WITA)
Kasturi, dkk. 2015.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Berorientasi Penerapan HOTS Pada Materi Kesebangunan Kelas IX. Jurnal Pancaran Pendidikan, (Online),Vol. 4(1),11-35. (jurnal.unej.ac.id diakses pada tanggal 21 November 2019 pukul 22:15 WITA).
Majid, A.2005.Perencanaan Pembelajaran.Bandung:Remaja Rosdakarya.
Matondang, Z., dkk. 2019. Evaluasi Hasil Belajar.Yayasan Kita Menulis
Navel. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (Online).(https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian-pengembangan-development-research diakses pada tanggal 25 November 2019 pukul 14:20 WITA)
Nopriyanti, T. D.2015.Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.Prosiding, Universitas PGRI Palembang
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta
Syukur, R.2017.Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pokok Bahasan Himpunan dan Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Madani Alauddin Kab. Gowa. Skripsi, (Online), Makassar:Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (repository.uin-alauddin.ac.id/7956 diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 16:23 WITA)
Wahyuningsih, R., S. Wahyuni, dan A.D. Lesmono.2016. pengembangan instrumen self assessment berbasis web untuk menilai sikap ilmiah pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal pembelajaran fisika, (Online), Vol. 4(4):338-343. (jurnal.unej.ac.id. diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 19:30 WITA)
Widihastuti, S. 2014. Model afl untuk meningkatkan pemahaman dan higher order thinking skills mahasiswa vokesi bidang busana. Jurnal pendidikan dan evokasi pendidikan,(Online),Vol.18 (2):275-289. (jurnal.uny.ac.id diakses pada tanggal 25 November 2019 pukul 15:29 WITA)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.