PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MATERI STATISTIKA DI KELAS IX SMP

Authors

  • Nur Rahma Baddu Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Nurdin Arsyad Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Ma’rup Ma’rup Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

Keywords:

Penelitian Pengembangan, Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dengan mengacu pada model pengembangan formatife research tessmer. Produk yang dikembangkan pada penelitian ini adalah instrumen tes yang terdiri dari kisi-kisi, soal tes HOTS, lembar kerja, kriteria jawaban, dan pedoman penskoran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A SMP Negeri 5 Enrekang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar validasi. Lembar validasi ini bertujuan untuk menilai instrumen tes yang dikembangkan yang dilakukan oleh tiga validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas tes yang dikembangkan diantaranya (a) validitas 4,08 (tinggi); (b) reliabilitas 0,83 (sangat baik); (c) tingkat kesukaran pada soal nomor 2 yaitu 0,79 (mudah), soal nomor 1, 5, dan 6 yaitu 0,67; 0,65; 0,44 (sedang), soal nomor 3 dan 4 yaitu 0,27 dan 0,25 (sukar); sedangkan (d) daya pembeda pada soal nomor 3 dan 4 adalah 2,5 (cukup), soal nomor 1, 2, 6 yaitu 0,41; 0,33; dan 0,33 (baik), soal nomor 5 yaitu 0,5 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan instrumen tes HOTS pada materi statistika yang dikembangkan bagi siswa kelas IX SMP Negeri 5 Enrekang sudah layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, N. W.2016.Instrumen Penilaian Tes dan Non-tes. (Online). (http://www.google.com/amp/s/nurwahidabdulloh.wordpress.com diakses pada tanggal 15 Januari 2020 pukul 20:13 WITA)

Afkar, F.I. dan Rudi Hartono. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dengan Model Pengembangan 4-D Pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA.jurnal Pendidikan Geografi. (Online), Vol.22 (2). (http://journal2.um.ac.id/index.php/jpg/ diakses pada tanggal 21 November 2019 pukul 23:08 WITA)

Arifin, Z.2013.Evaluasi Pembelajaran.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, S.2012.Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikian.Jakarta:Bumi Aksara.

Dinni, H. N.2018.HOTS (Higher Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika.Prosiding seminar Nasional Matematika (Online). (https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/ diakses pada tanggal 21 November 2019 pukul 22:17 WITA)

Emzir. 2017.Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta:Rajawali Pers

Faisal, R.2015.Pengembangan Paket Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skill) Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Materi Matematika Kelas VII SMP. Skripsi,(Online), Jember:Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jember. (https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66831 diakses tanggal 7 Desember 2019 pukul 20:36 WITA)

Firmansyah, M. A.2017.Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika.Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, (Online), Vol.10(2). (untirta.ac.id diakses pada tanggal 11 Desember 2019 pukul 20:18 WITA)

Gunawan. 2013.Pengertian HOTS (Higher Order Thinking Skill) Menurut Para Ahli, (Online).(http://www.unliroom.com/2019/08/hots.adalah.html?m=1 diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 21:20 WITA)

Hamdani, H.2013.Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung:Pustaka Setia.

Hermawan, I.2019.Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method.Kuningan:Hidayatul Quran Kuningan.

Helmawati. 2019.Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS.Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Kartikasari, A. dan Widjajanti, D. B.2015.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Howard Gardner’s Multiple Intelligences Berorientasi pada Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IX SMP. Jurnal (Online). (seminar.uny.ac.id diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 21:03 WITA)

Kasturi, dkk. 2015.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Berorientasi Penerapan HOTS Pada Materi Kesebangunan Kelas IX. Jurnal Pancaran Pendidikan, (Online),Vol. 4(1),11-35. (jurnal.unej.ac.id diakses pada tanggal 21 November 2019 pukul 22:15 WITA).

Majid, A.2005.Perencanaan Pembelajaran.Bandung:Remaja Rosdakarya.

Matondang, Z., dkk. 2019. Evaluasi Hasil Belajar.Yayasan Kita Menulis

Navel. 2012. Penelitian Pengembangan (Development Research). (Online).(https://navelmangelep.wordpress.com/2012/04/01/penelitian-pengembangan-development-research diakses pada tanggal 25 November 2019 pukul 14:20 WITA)

Nopriyanti, T. D.2015.Pengembangan Soal untuk Mengukur Kemampuan Koneksi Matematis Siswa.Prosiding, Universitas PGRI Palembang

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung:Alfabeta

Syukur, R.2017.Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Pokok Bahasan Himpunan dan Aritmetika Sosial Kelas VII MTs Madani Alauddin Kab. Gowa. Skripsi, (Online), Makassar:Fakultas Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. (repository.uin-alauddin.ac.id/7956 diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 16:23 WITA)

Wahyuningsih, R., S. Wahyuni, dan A.D. Lesmono.2016. pengembangan instrumen self assessment berbasis web untuk menilai sikap ilmiah pada pembelajaran fisika di SMA. Jurnal pembelajaran fisika, (Online), Vol. 4(4):338-343. (jurnal.unej.ac.id. diakses pada tanggal 20 November 2019 pukul 19:30 WITA)

Widihastuti, S. 2014. Model afl untuk meningkatkan pemahaman dan higher order thinking skills mahasiswa vokesi bidang busana. Jurnal pendidikan dan evokasi pendidikan,(Online),Vol.18 (2):275-289. (jurnal.uny.ac.id diakses pada tanggal 25 November 2019 pukul 15:29 WITA)

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

[1]
N. R. Baddu, N. Arsyad, and M. Ma’rup, “PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) UNTUK MATERI STATISTIKA DI KELAS IX SMP”, IJMA, vol. 3, no. 1, pp. 19–28, Jul. 2022.