PENGARUH POTENSI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Ilhamsyah Ilhamsyah Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar Indonesia

Keywords:

Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen, Hasil Belajar

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu  dan  yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga intrumen yaitu tes potensi akademik, tes kemampuan berpikir divergen dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa potensi akademik siswa kelas kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dikategorikan kurang dengan skor rata-rata 65,52 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 36. Kemampuan berpikir divergen siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 65,62 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 50. Sedangkan hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 81,27 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 62. Adapun hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa (1) Secara simultan variabel potensi akademik dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dengan koefisien determinasi  yang berarti potensi akademik dan kemampuan berpikir divergen memberi pengaruh sebesar 49,8% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dan sisanya sebesar 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Secara parsial variabel potensi akademik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dengan memperhatikan kemampuan berpikir divergen sebesar 46,1%. (3) Secara parsial variabel kemampuan berpikir divergen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dengan memperhatikan potensi akademik sebesar 19,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aifuddin, 2013. Pengarh Kecerdasa Emosiona dan Kemampuan Bepikir Divergen tehadap Kemampua Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTS Kota Pare-Pare.

Erwin, Nurdiansyah 2015.Pengaruh Kecerdasan Spiritual Kecerdasab Emosional, Dampak Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berfikir Divergen terhadap Hasil Belajar Matemaika Siswa Kelas X SMAN Se-Kecamata Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Tesis tidak diterbitkan
Fatika, Y. D. (2018). Pengaruh Kemampuan Operasi Hitung Matematika, Kemampuan Berpikir Divergen, dan Kecerdasan Linguistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang kabu paten Wajo. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Unismuh Makassar.

Khodijah, Nyanyu, 2014. Psikologi Pendidikan: Raja Grafindo Persada.

Munandar, S. C. Utami. 1992. Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia.

Nurlidia, Darwis dan Hisyam Ihsan. “komperasi keefektifan Pendekatan Saintifik, Problem Solving, Dan Open Ended Satting Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran di Kelas VII SMP Negeri 2 sinjai Timur”r. Jurnal Daya Matematis.

Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offsit.

Sunardi, 2015. Pengaruh Potensi Akademik, Efekasi Diri Dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matemaika. Tesis tidak diterbitkakn, Makassar: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Univesitas Negeri Makassar.

Susilo, G., & T., A. (2018). Pengaruh Potensi Akademik Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, Hal 27. (http://journal.1ppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2975/2287, di akses tanggal 19 November 2019).

Taufiqurrohman. 2015, Tes Potensi Akademik. http//www.tespotensiakademik.com. diakses pada tanggal 17 februari 2019.

Wahyuni, T. (2016). Pengaruh Sikap, Kemampuan Verbal, Motivasi Berprestasi, Kedisiplinan, Kemampuan Berpikir Divergen dan Minat Belajat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Takalar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Makassar.

Downloads

Published

2022-07-13

How to Cite

[1]
I. Ilhamsyah, “PENGARUH POTENSI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA”, IJMA, vol. 3, no. 1, pp. 1–11, Jul. 2022.