PENGARUH POTENSI AKADEMIK DAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Keywords:
Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen, Hasil BelajarAbstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu dan yang berjumlah 63 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga intrumen yaitu tes potensi akademik, tes kemampuan berpikir divergen dan tes hasil belajar. Data yang diperoleh diolah dengan program pengolahan data statistik yaitu SPSS. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa potensi akademik siswa kelas kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dikategorikan kurang dengan skor rata-rata 65,52 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 36. Kemampuan berpikir divergen siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dikategorikan sedang dengan skor rata-rata 65,62 dengan nilai tertinggi 88 dan nilai terendah 50. Sedangkan hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dikategorikan cukup dengan skor rata-rata 81,27 dengan nilai tertinggi 100 dan terendah 62. Adapun hasil analisis statistika inferensial diperoleh bahwa (1) Secara simultan variabel potensi akademik dan kemampuan berpikir divergen terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dengan koefisien determinasi yang berarti potensi akademik dan kemampuan berpikir divergen memberi pengaruh sebesar 49,8% terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dan sisanya sebesar 50,2% dipengaruhi oleh faktor lain. (2) Secara parsial variabel potensi akademik berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dengan memperhatikan kemampuan berpikir divergen sebesar 46,1%. (3) Secara parsial variabel kemampuan berpikir divergen berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 3 Jeneponto dengan memperhatikan potensi akademik sebesar 19,1%.
Downloads
References
Erwin, Nurdiansyah 2015.Pengaruh Kecerdasan Spiritual Kecerdasab Emosional, Dampak Jejaring Sosial Dan Kemampuan Berfikir Divergen terhadap Hasil Belajar Matemaika Siswa Kelas X SMAN Se-Kecamata Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Tesis tidak diterbitkan
Fatika, Y. D. (2018). Pengaruh Kemampuan Operasi Hitung Matematika, Kemampuan Berpikir Divergen, dan Kecerdasan Linguistik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang kabu paten Wajo. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar. Unismuh Makassar.
Khodijah, Nyanyu, 2014. Psikologi Pendidikan: Raja Grafindo Persada.
Munandar, S. C. Utami. 1992. Mengembangkan Bakat Anak. Jakarta: Gramedia.
Nurlidia, Darwis dan Hisyam Ihsan. “komperasi keefektifan Pendekatan Saintifik, Problem Solving, Dan Open Ended Satting Discovery Learning dalam Pembelajaran Matematika Materi Lingkaran di Kelas VII SMP Negeri 2 sinjai Timur”r. Jurnal Daya Matematis.
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offsit.
Sunardi, 2015. Pengaruh Potensi Akademik, Efekasi Diri Dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matemaika. Tesis tidak diterbitkakn, Makassar: Program Pascasarjana Pendidikan Matematika Univesitas Negeri Makassar.
Susilo, G., & T., A. (2018). Pengaruh Potensi Akademik Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, Hal 27. (http://journal.1ppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2975/2287, di akses tanggal 19 November 2019).
Taufiqurrohman. 2015, Tes Potensi Akademik. http//www.tespotensiakademik.com. diakses pada tanggal 17 februari 2019.
Wahyuni, T. (2016). Pengaruh Sikap, Kemampuan Verbal, Motivasi Berprestasi, Kedisiplinan, Kemampuan Berpikir Divergen dan Minat Belajat terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Takalar. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Makassar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.