PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH

Authors

  • Ilhamsyah Ilhamsyah Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-80

Keywords:

Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kreativitas belajar dan Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivasi, minat, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sulawesi Selatan sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata variabel motivasi belajar sebesar 74,55 termasuk kategori sedang, selanjutnya variabel minat belajar sebesar 75,70 termasuk kategori baik, kemudian variabel kreativitas belajar sebesar 75,05 termasuk kategori baik, adapun skor rata-rata untuk hasil belajar matematika adalah sebesar 87.05 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 61,92%, minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 82,5%, kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 70,3%, motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 84,9%, motivasi belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 72,3%, minat belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 89,7%, dan motivasi belajar, minat belajar, dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 = 0,898 atau sekitar 89,8% dan 10.2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini penting sebagai bahan masukan bagi guru, untuk melihat fator-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, S. 2014. Pengaruh motivasi, minat dan krativitas belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Mandalle Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP Unismuh Makassar.

Arifin, S. 2018. Jurnal Pendidikan Matematika: Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X (online). Vol. 2, No. 1. (https://media.neliti.com/media/publications/261954-none-307a1e80.pdf) diakses 30 SSeptember 2019

Basri, A. S. 2015. Pengaruh Minat, Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Gunung Sari 1 Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. FKIP Unismuh Makassar.

Darmawati, 2014. Pengaruh Moivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Aisyiyah Paccinongang Kabupaten Gowa. Skripsi Tidak Diterbitkan. FKIP Unismuh Makassar

Emzir. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers

Fajriani, N.I. 2017. Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta

FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Unismuh Makassar

Hendriana, Heris & Rohaeti, Euis, Eti & Sumarmo, Utari. 2017. Hard Skiils Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama

Hidayah, A. 2013. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Skripsi. IAIN CIREBON

Irianto, A. 2014. Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta: Kencana.

Nurhasanah, S. 2016. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran: Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (online) Vol. 1, No.1 (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264) diakses 10 juni 2019.

Permatasari, B. 2018. Jurnal Pendidikan Matematika: Kreativitas dan Hasil Belajar (online). Vol. 1, No.1 (http://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/15) diakses pada 10 juni 2019.

Sardiman A.M. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok: Rajawali pres.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Downloads

Published

2022-01-18

How to Cite

[1]
I. Ilhamsyah, “PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH”, IJMA, vol. 2, no. 2, pp. 1–13, Jan. 2022.