PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MUHAMMADIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30605/27458326-80Keywords:
Motivasi Belajar, Minat Belajar, Kreativitas belajar dan Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh motivasi, minat, dan kreativitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Muhammadiyah di Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Disamakan Wilayah Sulawesi Selatan sebanyak 20 siswa. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata variabel motivasi belajar sebesar 74,55 termasuk kategori sedang, selanjutnya variabel minat belajar sebesar 75,70 termasuk kategori baik, kemudian variabel kreativitas belajar sebesar 75,05 termasuk kategori baik, adapun skor rata-rata untuk hasil belajar matematika adalah sebesar 87.05 termasuk kategori baik. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh hasil bahwa motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 61,92%, minat belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 82,5%, kreativitas belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 70,3%, motivasi belajar dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 84,9%, motivasi belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 72,3%, minat belajar dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 sekitar 89,7%, dan motivasi belajar, minat belajar, dan kreativitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika dengan koefisien determinasi R2 = 0,898 atau sekitar 89,8% dan 10.2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil penelitian ini penting sebagai bahan masukan bagi guru, untuk melihat fator-faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika siswa.
Downloads
References
Astuti, S. 2014. Pengaruh motivasi, minat dan krativitas belajar matematika terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VII MTs. Muhammadiyah Mandalle Kabupaten Gowa. Skripsi tidak diterbitkan. FKIP Unismuh Makassar.
Arifin, S. 2018. Jurnal Pendidikan Matematika: Pengaruh Minat dan Kreativitas Belajar Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X (online). Vol. 2, No. 1. (https://media.neliti.com/media/publications/261954-none-307a1e80.pdf) diakses 30 SSeptember 2019
Basri, A. S. 2015. Pengaruh Minat, Kreativitas Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Gunung Sari 1 Makassar. Skripsi Tidak Diterbitkan. FKIP Unismuh Makassar.
Darmawati, 2014. Pengaruh Moivasi Belajar Dan Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Aisyiyah Paccinongang Kabupaten Gowa. Skripsi Tidak Diterbitkan. FKIP Unismuh Makassar
Emzir. 2017. Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif Dan Kualitatif. Depok: Rajawali Pers
Fajriani, N.I. 2017. Hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta
FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Unismuh Makassar
Hendriana, Heris & Rohaeti, Euis, Eti & Sumarmo, Utari. 2017. Hard Skiils Dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama
Hidayah, A. 2013. Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Skripsi. IAIN CIREBON
Irianto, A. 2014. Statistik (Konsep Dasar, Aplikasi dan Pengembangannya). Jakarta: Kencana.
Nurhasanah, S. 2016. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran: Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa (online) Vol. 1, No.1 (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3264) diakses 10 juni 2019.
Permatasari, B. 2018. Jurnal Pendidikan Matematika: Kreativitas dan Hasil Belajar (online). Vol. 1, No.1 (http://jurnal.pmat.uniba-bpn.ac.id/index.php/DEFERMAT/article/view/15) diakses pada 10 juni 2019.
Sardiman A.M. (2018). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar, Depok: Rajawali pres.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.