ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Authors

  • Ilhamsyah Ilhamsyah Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ahmad Syafii Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irwan Akib Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-60

Keywords:

Kemampuan pemecahan masalah, Soap Cerita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII.B SMP Negeri 1 Bangkala Barat dalam menyelesaikan soal cerita pola bilangan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dirancang untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam pokok bahasan pola bilangan. Teknik pengumplan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah yang berjumlah 3 soal. Wawancara dilakukan untuk lebih menggali kemampuan pemecahan masalah siswa. Subjek penelitian terdiri dari 1 siswa kategori tinggi, 1 siswa kategori sedang dan 1 siswa kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Siswa pada kategori tinggi dalam mengerjakan soal cerita pola bilangan mampu memahami masalah dengan baik, mampu menyusun rencana penyelesaian dan melaksanakan dengan langkah-langkah penyelesaian yang tepat, serta mengevaluasi atau memeriksa kembali jawaban sebelum membuat kesimpulan atau interpretasi. (2) Siswa pada kategori sedang mampu memahami soal dengan cukup baik, namun tidak menuliskan informasi yang diketahui dan hal apa yang ditanyakan ketika menjawab soal cerita pola bilangan, mampu menyusun rencana dan melaksanakan rencana penyelesaian sesuai dengan langkah penyelesaian dan aturan operasi hitung campuran dengan tepat. (3) Siswa pada kategori rendah tidak mampu memahami soal cerita pola bilangan, tidak mampu merencanakan dan melaksanakan penyelesaian, serta tidak mampu mengevaluasi dan menginterpretasi jawaban yang diperoleh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Wahyuddin. 2013. Pengaruh Kemampuan Berpikir Logis dan Kemampuan Verbal Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika melalui Kemampuan Penalaran dan Komunikasi pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Se-Kota Makassar. Tesis. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Hendriana, dkk. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Buku Guru Matematika: SMP/MTs Kelas VIII.B. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Sumarno. 2010. Berpikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. (Online). (https://www.academia.edu/10346582/BERFIKIR_DAN_DISPOSISI_MATEMATIK_APA_MENGAPA_DAN_BAGAIMANA_DIKEMBANGKAN_PADA_PESERTA_DIDIK, Diakses 06 Juni 2020).
Mahmudah, Siti. 2015. Peningkatan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Menggunakan Media Kartu Kerja pada Siswa Kelas II SDN Purworejo Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri. Jurnal Pinus 1 (2). Diakses pada 15 Agustus 2020 (http://ojs.unpkediri.ac.id) Diakses 21 Juni 2020.
Sugiyono.2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2021-08-03

How to Cite

[1]
I. Ilhamsyah, A. Syafii, and I. Akib, “ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA”, IJMA, vol. 2, no. 1, pp. 33–39, Aug. 2021.