ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA SISWA SMP

Authors

  • Ikhbariaty Kautsar Qadry Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Awi Dassa Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • Umrah Azizah Azis Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

Keywords:

Analisis, Kesalahan, , Soal Higher Order Thinking Skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill pada kelas VIII SMP Negeri 2 Barombong. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dirancang untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill. Teknik pengumplan data berupa tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa tes Higher Order Thinking Skill yang berjumlah 3 soal. Wawancara dilakukan untuk lebih menggali kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thinking Skill. Subjek penelitian terdiri dari 4 siswa dengan melakukan kesalahan yang berbeda-beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1 siswa yang memiliki kesalahan fakta, 1 siswa memiliki kesalahan konsep, 1 siswa memiliki kesalahan prinsip, dan 1 siswa memiliki kesalahan operasi, dalam melakukan kesalahan adalah siswa kurang latihan untuk soal cerita, siswa keliru dengan pertanyaan soal, siswa tidak mengerti dengan bentuk soal, siswa kurang teliti dalam mengoperasikan bilangan, siswa tidak mengerti dengan materi yang ada pada pada soal, siswa beranggapan bahwa kesimpulan akhir tidak penting dalam menyelesaikan soal cerita.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. (Eds). 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. (Terjemahan Agung Prihantoro). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anderson, L.W. & Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational of Objectives (Rev. ed). New York: Addison Wesley.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. 2015. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Terjemahan : Agung Prihantoro. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Ari, E. 2017. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berbasis Gaya Kognitif Di Kelas XI SMK Asta Mitra Purwodadi Tahun Pelajaran 2016/2017. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayus, E. & Febrian. 2016. Dual Mode Error Analysis: Penyelesaian Permasalahan Luas Permukaan Serta Volume Prisma Dan Limas Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Gantang Pendidikan Matematika FKIP. Vol. 1 No. 2.

Ayu, V. 2016. Analisis Kesalahan dalam Memecahkan Masalah Open Ended Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson pada Materi Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. Jember: Universitas Jember.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi . Jakarta : Depdiknas .

Eva, M, W . 2011. Analisis Kesalahan Siswa di Kelas VIII B Sekolah Menengah Pertama Kanisius Pakem dalam Mengerjakan Soal Cerita pada Topik Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Tahun Ajaran 2011/2012. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.

Kuswana,W, S. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung : PT Remaja R.

Layn, R, M., & Kahar, S, M. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN). Vol 03, No (2).

Mutmainah, S. & Rosyidah, U. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. Jurnal JTAM. Vol 1, 70-74.

Permendikbud RI Nomor 22 tahun 2016. Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Saido, G, M. 2015. Higher Order Thinking Skill Among Secondary School Students In Science Learning. Malaysian Journal of Education,Vol 3. 13-20.

Saputri, S. & Sugiarti, T. 2018. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Kadikma. Vol 9, 59-68.

Soedjadi, R. 1996. Diagnosis Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Belajar Matematika. Jakarta: Team Basic Science LPTK Dikti.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2010. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekataan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zaini, M. 2015. Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Jurnal Matematika. Vol.20, No.207.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

[1]
I. K. Qadry, A. Dassa, and U. A. Azis, “ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILL PADA SISWA SMP”, IJMA, vol. 3, no. 1, pp. 29–36, Jul. 2022.