ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA SMP

Authors

  • Ikhbariaty Kautsar Qadry Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia
  • Alimuddin Alimuddin Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia
  • M. Suqran Alkausar S Universitas Muhammadiyah Makassar, Makassar, Indonesia

Keywords:

Berpikir kritis, perbandingan Analisis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal ditinjau dari kemampuan awal tinggi dan sedang siswa dengan menggunakan empat indikator berpikir kritis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang disusun untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis subjek berdasarkan pemberian tes soal berpikir kritis. Data yang diolah merupakan hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan soal tes kemampuan awal untuk pengambilan subjek dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes dan wawancara. Soal yang digunakan dalam mengukur kemampuan berpikir kritis berupa soal essay berjumlah 2 nomor pada materi perbandingan. Berdasarkan olahan data tersebut, subjek dengan kemampuan awal tinggi mampu menjawab 1 soal tersebut dan mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis. Berdasarkan hasil tes dan wawancara subjek dengan kemampuan awal tinggi dari 1 soal yang dijawab dapat dianalisis bahwa untuk soal nomor 1 bagian a) siswa mampu memenuhi 4 indikator berpikir kritis. Untuk soal nomor 1 bagian b) siswa mampu memenuhi 4 indikator secara berulang dengan mampu menjelaskan soal dengan benar dan tepat. subjek dengan kemampuan awal sedang mampu menjawab 1 soal tersebut hanya mampu memenuhi 3 indikator berpikir kritis. Berdasarkan hasil wawancara subjek dengan kemampuan awal sedang dari 1 soal yang dijawab dapat dianalisis bahwa untuk soal nomor 1 bagian a) siswa mampu memenuhi 3 indikator yakni interpretasi, analisis, evaluasi, dimana siswa mampu menjelaskan hasil tesnya ke dalam wawancara dengan jawaban yang sama dengan hasil tesnya tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Novitasari, D. 2016. Pengaruh penggunaan Multimedia Interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis Siswa,Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 2(2): 8-18.

Salam, A. dkk. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Besaran dan Pengukuran untuk Kelas VII SMP,Jurnal Discovery. 6(1): 28-36.

Saputri, Y. & Wardani, K. W. 2021. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika SD, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. 5(2): 935-948.

Sholihah, D.A & Mahmudi, A. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar, Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 2(2): 175 – 185.

Wayudi, M. dkk. 2020. Kajian Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Menengah Atas,Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1): 67-82.

Wilujeng, S.R. 2014. Ilmu dalam Perspektif Filsafat, Suatu Upaya Mengembalikan Ilmu pada hakikatnya,Jurnal Humanika. 20(2): 93-102.

Yulianti, E. 2017. Analisis pemahaman konsep dan pemecahan masalah biologi berdasarkan kemampuan berpikir kritis siswa. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Downloads

Published

2022-07-20

How to Cite

[1]
I. K. Qadry, A. Alimuddin, and M. S. A. S, “ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI PERBANDINGAN PADA SISWA SMP”, IJMA, vol. 3, no. 1, pp. 37–46, Jul. 2022.