Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar

Authors

  • Ikhbariaty Kautsar Qadry Universitas Muhammadiyah Makassar, Makasar
  • Awi Dassa Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
  • Nurul Aynul Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.30605/27458326-99

Keywords:

Konten Space and Shape, Literasi Matematika, PISA

Abstract

Kemampuan literasi matematika secara komprehensif telah memuat dasar-dasar pemahaman bidang matematika serta penerapannya. Hal tersebut mengisyaratkan pentingnya kompetensi literasi matematika dikembangkan pada diri seorang siswa. Pengembangan literasi matematika siswa di Indonesia merujuk pada hasil tes PISA ( Programme for International Student Assesment) yang diselenggarakan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) setiap lima tahun sekali dalam skala internasional. Indonesia tercatat berpartisipasi pada survey PISA sejak tahun 2000 hingga 2018. Namun, hasil menunjukkan belum signifikan menempatkan posisi Indonesia pada level atas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaiakan soal PISA konten space and shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa berupa tes awal serta saran rekomendasi dari guru matematika. Selanjutnya pengumpulan data dilakukan melalui dua tes yakni tes soal PISA serta tes wawancara. Hasil penelitian kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaiakan soal PISA konten space and shape  yaitu pada ketiga subjek menunjukkan hasil yang berbeda-beda. Berdasarkan analisis hasil tes secara lisan dan tertulis subjek ST memiliki kemampuan literasi matematika yang “tinggi”. Kemudian subjek SS juga dengan predikat “tinggi” dan subjek SR memiliki kemampuan literasi matematika “sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga subjek yaitu ST, SS, dan SR memiliki kemampuan literasi matematika siswa yang baik  dalam menyelesaikan soal PISA konten space and shape.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin,Z, Kadir, and Arapu.L, 2020, Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX SMP 2 Kendari dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematis. Jurnal Amal Pendidikan Volume 1, Issue 1, Maret 2020, Pages 52-62.

Kurniawati,I and Kurniasari, I, 2019, Literasi matematika Siswa dalam Menyelesaiakan Soal PISA Konten Space and Shape ditinjau dari Kecerdasan Majemuk. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume. 8, Issue 20, Pages 441-448.

OECD, 2019, PISA 2018 Assesment and Analytical Framework. Paris: PISA Publishing.

Sasongko,T.P,M., Dafik and Oktavianingtyas,E. 2016. Pengembangan Paket Soal Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Literasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Edukasi Volume. 3, Issue 1. Pages 27-32.

Sulistiowati, D. L, Herman,T and Jupri, A. 2019. Student Difficulties in solving geometry problem based on Van Hiele thingking level. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE), 1157, pp 1-7 (2019).

Downloads

Published

2022-03-09

How to Cite

[1]
I. K. Qadry, A. Dassa, and N. Aynul, “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal PISA Konten Space and Shape pada Kelas IX SMP Negeri 13 Makassar”, IJMA, vol. 2, no. 2, pp. 78–92, Mar. 2022.